Hari libur nasional 2023 menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena momen tersebut bisa menjadi waktu untuk merencanakan liburan, baik bersama keluarga ataupun teman. Liburan adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan penat dan jenuh akibat rutinitas sehari-hari. Terutama bagi Anda yang setiap harinya bekerja, tentu ada kalanya Anda beristirahat.

Tidak heran, jika banyak orang yang menantikan hari libur dan cuti bersama untuk merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Sebab, liburan yang terlalu mendadak akan sulit dinikmati. Terlebih lagi saat hari libur dan cuti bersama tiba, ini akan menjadi momen padat bagi tempat wisata.

Daftar Hari Libur Nasional Tahun 2023

Hari libur nasional adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari libur bagi seluruh warga negara. Hari libur nasional biasanya jatuh pada hari penting yang memiliki makna khusus bagi masyarakat, seperti perayaan agama, peringatan hari bersejarah, atau momen penting lainnya.

Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam beristirahat di rumah, berkumpul bersama keluarga, dan merayakan hari special teman, pacar, atau orang tua. Nah, berikut ini adalah daftar hari libur nasional 2023 di Indonesia yaitu:

1. Tahun Baru Masehi, Minggu, 1 Januari 2023

Tahun Baru Masehi adalah perayaan pergantian tahun yang dihitung berdasarkan kalender Gregorian yang digunakan secara internasional. Perayaan ini jatuh pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya dan dianggap sebagai hari libur nasional di banyak negara, termasuk Indonesia.

Pada perayaan ini, banyak orang merayakannya dengan berbagai cara, seperti menghadiri pesta kembang api, berpesta dengan keluarga dan teman, atau membuat resolusi untuk memulai tahun baru dengan cara yang lebih baik.

2. Tahun Baru Imlek, Minggu, 22 Januari 2023

Tahun Baru Imlek adalah perayaan pergantian tahun dalam kalender tradisional China yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Cina. Perayaan ini biasanya jatuh pada akhir Januari atau awal Februari setiap tahunnya, tergantung pada siklus bulan.

Pada perayaan ini, orang Tionghoa di seluruh dunia merayakannya dengan meriah dengan memberi dan menerima angpao (envelope merah berisi uang), memasak makanan khas, membersihkan rumah, dan berpartisipasi dalam parade perayaan.

3. Hari Raya Nyepi, Rabu, 22 Maret 2023

Hari Raya Nyepi adalah hari raya keagamaan yang penting bagi umat Hindu di Bali, Indonesia. Hari ini diperingati sebagai Hari Tahun Baru Saka, yaitu pergantian tahun dalam kalender Saka.

Perayaan ini jatuh pada hari yang ditentukan oleh kalender Bali, yang biasanya jatuh pada bulan Maret atau April setiap tahunnya. Hari Raya Nyepi dianggap sebagai hari libur nasional di seluruh Bali dan juga diakui sebagai hari libur nasional di Indonesia.

4. Hari Raya Idul Fitri, Sabtu – Minggu, 22 – 23 April 2023

Hari Raya Idul Fitri dikenal sebagai Lebaran, yaitu hari raya agama Islam. Hari Raya Idul Fitri menandai berakhirnya bulan Ramadan, bulan puasa di mana umat Muslim menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Pada hari libur nasional 2023 dikenal dengan istilah mudik, dimana banyak orang memanfaatkannya untuk pulang kampung untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 

5. Hari Pancasila, Kamis, 1 Juni 2023

Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Perayaan ini biasanya diadakan di Istana Negara dan dihadiri oleh pejabat negara, tokoh masyarakat, serta para siswa dan pelajar yang datang untuk memperingati hari penting ini.

6. Hari Raya Waisak, Minggu, 4 Juni 2023

Hari Raya Waisak adalah hari raya keagamaan Buddha di seluruh dunia untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencerahan, dan parinirwana (kematian). Hari Raya Waisak jatuh pada bulan Mei atau Juni setiap tahunnya.

7. Hari Raya Idul Adha, Kamis, 29 Juni 2023

Hari Raya Idul Adha di tahun 2023 ini jatuh di hari Kamis dan menjadi hari libur nasional. Di hari raya ini, umat Islam akan melangsungkan kurban.

8. HUT Kemerdekaan Indonesia, Kamis, 17 Agustus 2023

Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh masyarakat Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan. Biasanya, sebagian orang libur di hari kemerdekaan ini tapi ada juga yang masuk untuk upacara atau lomba.

9. Hari Raya Natal, Senin, 25 Desember 2023

Hari Raya Natal adalah hari perayaan yang dirayakan oleh umat Kristen untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Biasanya dirayakan pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya.

Hari Raya Natal juga dianggap sebagai salah satu hari libur nasional di banyak negara di seluruh dunia, dan menjadi momen penting bagi keluarga dan teman-teman untuk berkumpul, berbagi kebahagiaan, dan merayakan perayaan ini bersama-sama.

Daftar Hari Cuti Bersama Nasional 2023

Hari cuti bersama adalah hari libur nasional tambahan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperpanjang liburan. Jadwal cuti bersama, biasanya jatuh pada hari kerja yang dijadikan libur nasional, sehingga libur nasional tersebut diperpanjang hingga beberapa hari.

Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berlibur, berkumpul dengan keluarga, dan merayakan perayaan tersebut dengan lebih lama. Masa cuti bersama yang sudah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya:

  • Cuti bersama Imlek (23 Januari), 
  • Nyepi (23 Maret), 
  • Hari Raya Idul Fitri (21, 24-26 April), 
  • Waisak (2 Juni), 
  • Hari Natal (26 Desember)

*Baca Juga: Bucket List Liburan Tahun 2023 yang Wajib Kamu Masukkan

Nah, itulah informasi mengenai hari libur nasional dan cuti bersama di Tahun 2023. Momen libur panjang memang menjadi hari paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Sebab, pada momen ini orang bisa menikmati liburan bersama orang-orang terdekat atau bahkan keluarga.

Perlu diketahui juga, bahwa tanggal-tanggal tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat. Sehingga, sangat disarankan untuk selalu memperbarui informasi terkini terkait jadwal hari libur nasional dan cuti bersama dari Garda Oto. 

Bagi Anda yang ingin pergi liburan, mungkin bisa mencoba layanan dari Garda Trip. Ini adalah produk asuransi yang memberikan ketenangan dan kenyamanan untuk Anda selama berliburan. Asuransi ini memberikan perlindungan dari risiko gangguan perjalanan, seperti pembatalan dan keterlambatan, penyakit dan cedera yang muncul saat melakukan perjalanan, dan kecelakaan diri.