Di Mana Tempat Terbaik untuk Pasang CCTV Rumah?

Di Mana Tempat Terbaik untuk Pasang CCTV Rumah?

CCTV rumah termasuk salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak manfaat. Tingginya jumlah pengguna CCTV pun mendorong para pengembang teknologi untuk menciptakan berbagai jenis CCTV untuk rumah.

Perlu diperhatikan juga bahwa memasang CCTV rumah tidak boleh asal-asalan. Apalagi sampai dipasang pada tempat-tempat yang terhalang oleh tembok. Lantas, di mana sih tempat terbaik untuk pasang CCTV?

Pengertian Sistem CCTV Rumah

CCTV (Closed Circuit Television) merupakan kamera keamanan yang digunakan untuk memantau keadaan di sekitar bangunan atau lingkungan tertentu. Alat ini biasanya dipasang di sudut, tiang, atau ditempelkan di dinding.

Kamera CCTV biasanya terhubung ke sebuah layar monitor yang ditempatkan di ruangan terpisah. Monitor tersebut diawasi oleh petugas keamanan atau pemilik bangunan itu sendiri. Untuk keperluan rumah pribadi, CCTV rumah digunakan hanya untuk merekam dan tidak diawasi secara langsung melalui monitor.

Fungsi CCTV Rumah Secara UmumĀ 

CCTV berfungsi sebagai perangkat keamanan untuk mengawasi, menyiarkan, dan merekam kejadian di suatu lokasi. Di Indonesia sendiri, CCTV paling banyak digunakan untuk keperluan publik seperti lalu lintas dan tempat-tempat umum.

Cara kerja sistem CCTV rumah yaitu untuk mengawasi dan merekam langsung kondisi sekitar rumah, terlebih ketika ada tindak kejahatan seperti pencurian di rumah pribadi.

Penggunaan kamera pengawas tersebut umumnya diperbolehkan asal mengikuti aturan yang berlaku. Namun, ada tempat-tempat yang tidak boleh terpasang CCTV. Beberapa di antaranya adalah kamar hotel dan kamar mandi umum yang memerlukan privasi

6 Jenis Sistem CCTV rumah

Di bawah ini terdapat beberapa jenis dan rekomendasi CCTV rumah yang cocok untuk Anda:

1. Kamera CCTV Night and Day

Sesuai namanya, fungsi utama dari tipe kamera CCTV ini adalah menyediakan fitur tambahan berupa mode malam. CCTV rumah ini mampu merekam gambar dengan jelas melalui sistem pengaturan pencahayaan yang kompleks.

Fitur lain yang mungkin sangat Anda butuhkan yaitu backlight. Fitur ini memungkinkan penyesuaian pencahayaan baik pada siang maupun malam hari sehingga gambar yang tertangkap akan terlihat jelas.

2. Kamera CCTV HD

Kamera CCTV rumah biasanya memberikan gambar seadanya. Namun, untuk jenis kamera CCTV HD mampu membuat rekaman menjadi lebih terang dan jelas. Tidak hanya itu, Anda bisa menggunakan CCTV ini untuk area-area umum karena bisa langsung melakukan zoom In dengan baik.

3. Dome Camera Indoor

Dome Camera Indoor merupakan jenis CCTV yang dirancang untuk penggunaan di dalam ruangan lantaran kamera ini tidak tahan terhadap cuaca. Meskipun begitu, Doom Camera Indoor biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti mode day/night, infrared night vision, dan high-definition.

4. CCTV Bullet Camera

CCTV rumah tipe Bullet Camera biasanya sering digunakan di berbagai tempat seperti supermarket, kantor, sampai toko-toko. Kamera ini dibekali dengan fitur weatherproof sehingga tahan terhadap segala kondisi cuaca.

5. Kamera CCTV PTZ

Kamera CCTV jenis PTZ (Pant Tilt Zoom) menjadi salah satu kamera yang dilengkapi fitur pergerakan sendiri, baik ke kanan, kiri, atas maupun bawah. Keunikan lainnya yaitu mampu memperbesar objek gambar dengan resolusi tinggi.

Selain bisa digunakan di rumah, CCTV PTZ juga sering di pasang di area pusat perbelanjaan, perkantoran, dan minimarket.

6. Kamera CCTV IP

CCTV jenis IP Camera memiliki kemampuan khusus untuk terhubung langsung ke internet. Sesuai dengan namanya, Internet Protocol Camera, CCTV ini lebih dinamis dalam penggunaannya. Bahkan sudah banyak brand besar yang memproduksi CCTV jenis IP.

Tempat-tempat Terbaik untuk Memasang CCTV di rumahĀ 

Menempatkan CCTV perlu pertimbangan agar kamera tersebut mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Berikut rekomendasi tempat-tempat yang pas untuk pasang CCTV rumah:

  • Garasi

Garasi merupakan tempat krusial yang mencangkup area luar rumah dan sekitarnya. Sehingga tempat ini strategis untuk pemasangan CCTV. Dengan begitu Anda bisa melihat siapa saja yang mengakses kendaraan.

  • Bagian Atas Tangga

Selanjutnya, tempat terbaik untuk memasang CCTV rumah yaitu bagian atas tangga. Anda dapat merekam kejadian di berbagai tempat seperti ruang tengah, dapur, dan ruangan lainnya dengan memasang CCTV pada sudut yang tepat di atas tangga.

  • Kamar Anak-anak

Anak-anak yang masih berusia balita perlu dijaga dari segala hal yang bisa mengancam keselamatannya. Untuk itu, kamar anak-anak menjadi salah satu lokasi penting yang harus dipasangi kamera pengawas.

  • Pintu Depan

Selain garasi, area yang paling penting untuk dipasang kamera CCTV rumah yaitu bagian pintu depan. Dengan ini, Anda bisa melihat secara langsung siapa saja yang masuk dan keluar rumah.

Satu hal yang harus diperhatikan, tempatkan CCTV pada bagian yang tidak bisa disentuh langsung oleh tangan manusia.

Cara Pasang CCTV Rumah SendiriĀ 

Tanpa bantuan teknisi, Anda pun bisa memasang CCTV rumah sendiri! Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cek Tempat pemasangan CCTV apakah area tersebut bisa merekam seluruh bagian penjuru ruangan.
  2. Atur dengan baik apakah kabel kameranya tidak menghalangi perangkat lain.
  3. Jika sudah, lubangi tembok menggunakan bor.
  4. Dorong semua ujung kabel kamera pada tembok yang sudah dilubangi.
  5. Letakkan penutup luar yang tahan air agar lubang kabel tidak kemasukan air.
  6. Hubungkan kabel dengan router dan langsung nyalakan untuk memeriksa apakah sudah berhasil untuk mendapatkan catu daya.
  7. Atur kamera yang sudah terpasang dan hubungkan CCTV dengan perangkat terkait.

Selain memasang kamera pengawas, hunian Anda pun perlu mendapatkan perlindungan ekstra dari berbagai risiko yang tidak diinginkan. Perlindungan ekstra ini dapat Anda dapatkan melalui asuransi kebakaran dari Garda Home.

Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi rumah tinggal Anda dengan perlindungan dari berbagai risiko.

Misalnya risiko kebakaran, kerusuhan dan huru-hara, tertabrak kendaraan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, sampai dengan jaminan pengobatan untuk Anda dan keluarga akibat kebakaran.

Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home hadir dalam dua paket, yaitu Garda Home PLUS dan Garda Home FIT. Anda bisa menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan supaya rumah tetap terlindungi secara maksimal.