7 Jenis Kanopi Rumah Minimalis

7 Jenis Kanopi Rumah Minimalis

Kanopi rumah minimalis bukan hanya sekadar pelindung dari cuaca, tetapi juga merupakan elemen estetika yang dapat meningkatkan penampilan keseluruhan rumah. Bahan dan material kanopi pun beragam, tergantung dari desain ruman Anda.

Melalui artikel ini, Anda akan mengenal jenis-jenis kanopi, manfaat rumah memakai kanopi, beserta inspirasi model dan desain kanopi untuk rumah minimalis. Tetapi sebelum itu, mari kita mulai dengan memahami apa itu kanopi.

Apa itu Atap Kanopi? 

Atap kanopi merupakan struktur penutup yang biasanya dipasang di area terbuka rumah seperti teras, carport, atau halaman belakang. Kanopi dirancang untuk melindungi area di bawahnya dari hujan, sinar matahari, dan elemen cuaca lainnya.

Selain itu, kanopi juga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang dapat menambah nilai estetika rumah. Bahan dan material kanopi sangat beragam, mulai dari bahan alami seperti kayu hingga bahan kekinian seperti polycarbonate dan spandek zincalume.

Kanopi memiliki dua bagian penting, yaitu rangka dan atap. Rangka berfungsi sebagai penguat struktur kanopi agar tetap kokoh. Bagian ini biasanya terbuat dari bahan anti karat dan tidak mudah lapuk seperti baja, besi, atau kayu.

Sedangkan atap kanopi merupakan bagian yang menutup rangka. Nah, atap kanopi ini terbuat dari berbagai macam material, tergantung mana yang mewakili desain dan fungsi yang dibutuhkan hunian Anda.

Fungsi Kanopi Rumah 

Adapun manfaat rumah memakai kanopi adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Ruang Ekstra

Dengan adanya kanopi, area terbuka seperti teras atau carport dapat dimanfaatkan sebagai ruang tamu luar ruangan, tempat bersantai, atau bahkan sebagai ruang bermain anak. Fungsi ini sangat bermanfaat terutama untuk rumah dengan lahan terbatas karena memberikan tambahan ruang tanpa perlu melakukan renovasi besar-besaran.

  • Perlindungan dari Cuaca

Salah satu manfaat rumah memakai kanopi yaitu memberikan perlindungan dari kondisi cuaca seperti hujan, panas matahari, dan angin. Area yang dinaungi struktur ini pun akan tetap kering saat hujan sekaligus terlindung dari sinar UV yang berlebihan saat matahari terik.

Pada akhirnya manfaat ini akan membawa kenyamanan pada seluruh penghuni rumah sekaligus melindungi perabotan yang ditempatkan di luar ruangan.

  • Efisiensi Energi

Kanopi dapat difungsikan sebagai pelindung jendela dan pintu dari sinar matahari langsung sehingga mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah. Alhasil, Anda dapat menurunkan penggunaan AC sehingga konsumsi energi rumah menjadi lebih efisien dan biaya listrik pun berkurang.

  • Penekanan pada Bangunan

Secara arsitektur, kanopi dapat memberikan aksen atau penekanan pada bangunan. Desain dan material yang digunakan pada kanopi dapat menambah nilai estetika dan membuat rumah terlihat lebih menarik. Kanopi yang didesain dengan baik dapat menjadi titik fokus yang memperindah tampilan fasad rumah.

Penekanan ini juga ditujukan untuk memisahkan peran satu bangunan dengan bangunan lainnya, khususnya untuk bangunan fasilitas umum. Itu sebabnya banyak bangunan penting yang mengusung desain kanopi unik sebagai penekanan fitur, detail, atau desainnya.

  • Fungsi Dekoratif

Selain fungsi protektif, kanopi juga memiliki fungsi dekoratif. Kanopi dengan desain dan material yang tepat dapat mempercantik penampilan rumah. Misalnya, kanopi kaca memberikan kesan modern dan elegan, sementara kanopi kayu memberikan nuansa alami dan hangat.

  • Fungsi Tambahan pada Bagian Luar Rumah

Kanopi dapat digunakan untuk berbagai keperluan di luar rumah, seperti tempat penyimpanan alat-alat taman, area cuci dan jemur, atau bahkan sebagai tempat berteduh saat acara keluarga di luar ruangan. Fleksibilitas penggunaan kanopi membuatnya menjadi elemen yang sangat fungsional dalam tata ruang rumah.

Jenis-jenis Kanopi Berdasarkan Rumahnya 

Kanopi rumah minimalis atau desain hunian lainnya hadir dengan jenis dan material berbeda. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada tujuh jenis kanopi yang sering digunakan, seperti:

1. Atap Kanopi Polycarbonate

Kanopi polycarbonate terbuat dari polimer spesial yang terlihat seperti plastik atau kaca bening. Bahannya kuat dan tahan lama, memiliki tingkat ketahanan tinggi terhadap benturan dan cuaca ekstrem.

Polycarbonate juga tersedia dalam berbagai warna dan tingkat transparansi sehingga memberikan fleksibilitas dalam desain. Kelebihan lain dari kanopi polycarbonate adalah kemampuannya dalam menyaring sinar UV, membuat area di bawahnya tetap nyaman.

2. Atap Kanopi Alderon

Alderon adalah jenis material kanopi yang terbuat dari Unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC) dengan struktur berongga. Material ini sangat kuat dan tahan lama serta memiliki kemampuan isolasi panas dan suara yang baik, sehingga area yang terlindungi menjadi lebih sejuk dan tidak berisik.

Kanopi alderon tidak hanya tahan terhadap cuaca ekstrem, tetapi juga memiliki ketahanan yang tinggi dan warna yang tidak mudah pudar berkat adanya perlindungan anti UV.

3. Atap Kanopi Kaca

Kanopi kaca memberikan kesan elegan, mewah, dan modern pada rumah. Bahan kaca yang digunakan biasanya adalah kaca tempered yang kuat dan aman. Biasanya sering dipadukan dengan batangan berbahan besi hollow berwarna hitam untuk menciptakan kontras yang estetis.

Kelebihan dari kanopi kaca yaitu kemampuannya dalam membiarkan cahaya masuk tanpa mengorbankan perlindungan dari cuaca. Ini membuat area di bawah kanopi tak hanya terang tapi juga terjaga kenyamanannya.

Di sisi lain, perawatan kanopi kaca harus lebih telaten karena rentan pecah. Anda juga harus rutin membersihkannya agar terlihat bersih ketika dilihat dari bawah.

4. Atap Kanopi Kain

Kanopi kain sering digunakan untuk teras atau area duduk luar ruangan. Kain yang digunakan biasanya tahan air dan memiliki perlindungan UV.

Keuntungan utama dari kanopi kain adalah fleksibilitasnya karena dapat dengan mudah digulung atau dilepas sesuai kebutuhan. Hal ini membuat kanopi kain menjadi pilihan yang lebih praktis dan ekonomis.

5. Atap Kanopi Go Green

Sesuai namanya, bahan dan material kanopi ini lebih ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Biasanya material yang digunakan yaitu baja ringan daur ulang yang bebas toksik sehingga kesehatan penghuni rumah tetap terjaga. Perlindungan terhadap sinar UV pun tidak perlu diragukan lagi.

Kanopi go green juga cenderung bebas dari korosi dan anti karat, membuatnya lebih tahan lama. Harganya pun relatif murah ketimbang jenis-jenis kanopi lainnya tanpa mengorbankan kualitas. Jenis ini cocok dijadikan sebagai kanopi rumah minimalis, terlebih ada banyak pilihan warna yang membuatnya semakin menarik.

6. Atap Kanopi Membrane

Kanopi membrane terbuat dari bahan tekstil elastis khusus yang kuat dan tahan lama. Kanopi jenis ini sering digunakan pada bangunan komersial dan fasilitas umum, tetapi juga cocok untuk rumah minimalis. Desainnya unik dan modern, membuat kanopi membrane menjadi pilihan menarik bagi pemilik rumah yang ingin menampilkan desain berbeda.

7. Atap Kanopi Spandek Zincalume

Terbuat dari bahan spandek yang tidak transparan dan mampu memantulkan panas. Ketahanannya bahkan bisa sampai 30 tahun lebih. Hanya saja, material kanopi ini cenderung lebih tipis sehingga memerlukan perhatian ekstra saat pemasangannya.

Atap kanopi spandek zincalume juga dilapisi resin untuk membuat tampilan yang lebih halus dan bersih. Harganya cenderung lebih terjangkau daripada kanopi material kaca dan polycarbonate.

Model-model Kanopi Rumah Minimalis 

Bagi Anda yang mencari inspirasi kanopi rumah minimalis, sebaiknya pertimbangan tujuh pilihan model dan desain kanopi untuk rumah minimalis berikut:

1. Model Kanopi Rumah Minimalis Spandek

Model kanopi spandek merupakan pilihan populer untuk rumah minimalis. Desainnya yang sederhana namun modern membuatnya cocok dengan berbagai gaya arsitektur rumah. Spandek juga mudah dipasang dan dirawat serta tahan lama.

2. Kanopi Rumah Minimalis Bahan Onduline

Onduline termasuk jenis kanopi yang efektif dalam meredam suara hujan. Kanopi ini juga mampu menahan angin dengan kecepatan hingga 192,12 km per jam. Kanopi onduline dikenal sangat kuat karena mampu menahan beban hingga 0,9 ton.

Kanopi ini juga memiliki formula anti panas yang menjaga ruangan di bawahnya tetap sejuk. Selain itu, onduline memberikan perlindungan maksimal dari kebocoran. Terbuat dari bahan daur ulang, kanopi ini ramah lingkungan dengan desain dan model yang menarik.

Untuk mempercantik tampilan rumah, Anda bisa menambahkan tanaman hias yang merambat di atas kanopi.

3. Model Kanopi Rumah Minimalis Bahan Fiber

Kanopi fiber terbuat dari serat kaca atau serat lainnya yang dicampur dengan resin. Material ini kuat, ringan, dan tahan lama. Desain kanopi fiber yang transparan atau semi-transparan membuatnya ideal untuk memberikan cahaya alami ke area di bawahnya.

4. Model Kanopi Rumah Minimalis Bahan Kaca

Pilihan bagi Anda yang ingin membuat desain rumah tampak kekinian dengan material kanopi berkualitas. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kanopi kaca mampu memberi kesan hunian elegan dan modern sekaligus membuat areanya lebih terang dan terbuka.

Tetapi, pastikan Anda berkonsultasi dengan pihak ahli untuk memilih struktur dan desain yang sesuai dengan gaya rumah minimalis Anda.

5. Model Kanopi Rumah Minimalis Go Green

Desainnya yang modern dan berkelanjutan membuat inspirasi kanopi rumah minimalis ini menjadi pilihan tepat bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan. Selain itu, kanopi ini juga memberikan perlindungan yang baik dan estetika yang menarik. Ketahanan dan fleksibilitasnya pun tidak perlu diragukan lagi

6. Model Kanopi Rumah Minimalis Polycarbonate

Di Indonesia, inspirasi kanopi rumah minimalis ini sangatlah populer. Wajar saja karena materialnya pun kuat dan tahan lama serta memiliki kemampuan dalam menyaring sinar UV. Kanopi polycarbonate juga termasuk pilihan praktis dengan desain yang fleksibel dan modern sehingga cocok untuk berbagai gaya arsitektur rumah selain minimalis.

7. Model Kanopi Rumah Minimalis Solartuff

Model kanopi solartuff sangat cocok untuk rumah minimalis yang menginginkan perlindungan maksimal dengan tampilan yang modern. Meski visualnya mirip kanopi kaca, solartuff dianggap 250 kali lebih kuat.

Kanopi ini juga termasuk pilihan yang ramah lingkungan, tidak mudah terbakar, mampu meredam panas tanpa mengurangi masuknya cahaya, serta tidak mudah terbakar.

Selain memilih material arsitektur rumah yang tidak muda terbakar, Anda pun perlu mengoptimalkan perlindungan hunian dari risiko lain dengan asuransi kebakaran dari Garda Home. Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi rumah tinggal Anda dengan perlindungan dari berbagai risiko.

Misalnya risiko kebakaran, kerusuhan dan huru-hara, tertabrak kendaraan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, sampai dengan jaminan pengobatan untuk Anda dan keluarga akibat kebakaran.

Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home hadir dalam dua paket, yaitu Garda Home PLUS dan Garda Home FIT. Anda bisa menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan supaya rumah tetap terlindungi secara maksimal.