13 Destinasi Wisata Korea Selatan yang Wajib Anda Kunjungi

13 Destinasi Wisata Korea Selatan yang Wajib Anda Kunjungi

Korea Selatan semakin populer sebagai destinasi wisata favorit di kancah internasional. Data Korea Tourism Organization mencatat bahwa jumlah kunjungan wisatawan asing pada tahun 2023 mencapai 11 juta orang dan 250 ribu di antaranya berasal dari Indonesia. Wisata Korea Selatan menawarkan pengalaman istimewa yang memadukan keunikan budaya dan kehidupan modern ala metropolitan.

Apakah Anda berencana berlibur ke Korea Selatan dalam waktu dekat?

Jika iya, berarti ulasan seputar panduan dan referensi tempat wisata di Korea Selatan berikut ini tentu bermanfaat bagi Anda.

Destinasi Wisata Negara Korea yang Wajib Kalian Kunjungi

Deretan tempat wisata Korea Selatan yang patut menjadi bagian dari rencana liburan Anda adalah sebagai berikut:

  1. Pulau Jeju: Destinasi yang terkenal dengan nama Jeju Island ini adalah pulau besar yang terletak di selatan Semenanjung Korea. Banyak tempat wisata menarik yang ada di Pulau Jeju, seperti Gunung Hallasan, Teddy Bear Museum, Museum Jeju Folk Village, Pantai Jeongmun, dan Jeongbang Falls. Di antara tempat wisata khas Jeju tersebut, Jeongbang Falls, menjadi tujuan paling unik karena merupakan satu-satunya air terjun di dunia yang langsung mengalir ke laut. Keunikan Pulau Jeju membuatnya ramai dikunjungi wisatawan setiap tahun, khususnya pasangan yang sedang bulan madu.
  2. Gyeongbokgung Palace: tempat wisata sejarah Korea Selatan ini adalah istana terbesar dari 5 istana yang dibangun Dinasti Joseon. Kemegahan Gyeongbokgung Palace sebagai salah satu kebanggaan Korea Selatan membuatnya sangat terkenal sebagai destinasi wisata sekaligus lokasi syuting. Bangunannya sangat indah dan luas bahkan memiliki kamar berjumlah 7.700 pintu. Saat berkunjung ke Gyengbokgung Palace, Anda bisa menyaksikan upacara pergantian penjaga sebanyak 3 kali sehari, yaitu jam 10 pagi, 1 siang, dan 3 sore pada waktu setempat.
  3. Myeongdong Market: kawasan wisata Korea Selatan ini menjadi surga belanja yang sayang untuk dilewatkan. Suasananya bernuansa modern didukung pusat perbelanjaan, kafe, toko, dan restoran terkenal, seperti Lotte Department Store dan Noon Square. Myeongdong Market juga menyuguhkan pengalaman berburu skincare yang menakjubkan karena menjual berbagai produk kecantikan asli negeri ginseng. Jika sudah lelah belanja dan jalan-jalan, Anda bisa beristirahat sejenak sambil menikmati wisata kuliner kaki lima yang tersebar di sepanjang kawasan tersebut.
  4. Lotte World: taman hiburan indoor dan outdoor ini berlokasi di kawasan Sincheon-dong, Seoul. Suasananya yang indah membuat Lotte World dijadikan lokasi syuting untuk beberapa drama Korea terkenal dan reality show Running Man. Tak hanya menyediakan 22 wahana seru, Lotte World juga selalu mengadakan parade dan atraksi seru yang berhasil memikat para wisatawan, termasuk yang berasal dari negara lain. Salah satu daya tarik yang dimiliki Lotte World adalah menara (tower) setinggi 555,65 m dengan predikat sebagai gedung tertinggi di Korea Selatan sekaligus tertinggi kelima di dunia. Bangunan menara tersebut terdiri dari ruang kantor, apartemen, kafe, pertokoan, dan hotel mewah.
  5. Bukchon Hanok Village: jika ingin merasakan sensasi berwisata ke Korea Selatan di masa lampau, jangan lupa mengunjungi Bukcon Hanok Village. Lokasinya berada di antara istana Gyeongbokgung dan Changdeokgung sehingga mudah dikunjungi. Saat berada di Bukchong Hanok Village, Anda bisa menikmati pemandangan desa kuno yang terdiri dari rumah-rumah kayu tradisional. Di samping itu, Anda juga dapat menyewa baju tradisional Korea lalu memanfaatkan keindahan destinasi wisata ini untuk berfoto sampai puas.
  6. Namsan Seoul Tower: tempat wisata di Korea Selatan yang satu ini merupakan menara komunikasi sekaligus observatorium yang terletak di puncak Gunung Namsan. Anak muda negeri ginseng biasanya mengunjungi tempat ini untuk merasakan suasana kencan romantis. Salah satu keunikan Namsan Seoul Tower adalah dek observasi yang dipenuhi gembok cinta milik para pengunjung. Promosi gencar yang dilakukan pemerintah Korea Selatan membuat sebagian besar masyarakat lokal dan wisatawan penasaran ingin ikut memasang gembok cinta di lokasi tersebut. Jika ingin menikmati suasana Namsan Tower lebih lama, wisatawan bisa masuk ke area observatorium atau menaiki kereta gantung.
  7. Cheonggyecheon River: area di sekitar sungai ternyata bisa jadi tempat wisata spesial bila dikelola dengan baik, seperti Cheonggyecheon River yang mengalir di Seoul. Anak Sungai Han ini sekarang bukan sekadar jalan air biasa, melainkan sudah menjadi objek wisata Korea Selatan yang populer. Suhu udara di sekitarnya sangat sejuk dan suasananya tertata rapi sehingga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Tak jauh dari area sungai Cheonggyehceon, ada jalur sepanjang 11 km untuk bersepeda dan berjalan kaki. Panoramanya yang indah karena dilengkapi instalasi seni serta jembatan artistik jelas membuat Cheonggyecheon River semakin menarik bagi wisatawan.
  8. Pulau Nami: selain Pulau Jeju, Korea Selatan juga punya objek wisata kebanggaan serupa lainnya, yaitu Pulau Nami atau Nami Island. Lokasinya berada di tengah Sungai Bukhangang yang termasuk Provinsi Gangwon-do. Proses pembangunannya berlangsung sejak tahun 1960-an dan popularitasnya meroket sejak menjadi lokasi syuting Winter Sonata tahun 2022. Banyak aktivitas mengasyikkan yang bisa dilakukan ketika singgah ke Pulau Jeju, di antaranya jalan-jalan menikmati suasana alam di antara pohon cemara merah, bersepeda keliling pulau, berfoto di patung Winter Sonata, mengunjungi taman bunga Garden of Morning Calm, dan bermain dengan alpaca.
  9. Gangnam District: jauh sebelum lagu Gangnam Style populer di tahun 2012, distrik Gangnam sudah lebih dahulu terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Area perbelanjaan bawah tanahnya menyediakan pengalaman wisata belanja murah yang seru dengan produk khas Korea Selatan serba lengkap. Ada berbagai produk lokal yang dijajakan di distrik Gangnam, seperti pakaian, aksesori, smartphone, dan elektronik. Di samping itu, ada beragam produk bermerek dari desainer kelas dunia yang terdapat di surga belanja tersebut, antara lain Versace, Louis Vuitton, dan Chanel.
  10. Itaewon: wisatawan yang hobi menjelajahi tempat-tempat menarik pada malam hari tentu tak boleh melewatkan wilayah Itaewon. Ada banyak pertokoan, kafe, restoran, dan destinasi hiburan malam yang bisa Anda kunjungi di kawasan tersebut. Geliat kehidupan di Itaweon semarak saat malam semakin larut sehingga cocok bagi wisatawan yang tak ingin melewatkan waktu berharga selama liburan.
  11. Everland Theme Park: ada taman hiburan alternatif selain Lotte World yang bisa disinggahi selama berada di Korea Selatan, yaitu Everland Theme Park. Tempat wisata ini bahkan dinobatkan sebagai taman hiburan terluas di Korea Selatan dengan total area mencapai 99 hektar. Wahana di Everland Theme Park dibagi menjadi lima zona, yaitu Global Fair, American Adventure, Magic Land, Zootopia, dan European Adventure. Salah satu daya tarik taman hiburan berskala internasional ini terletak pada acara festival empat musim yang selalu diadakan secara bergantian sepanjang tahun.
  12. Taman Nasional Bukhansan: salah satu rekomendasi tempat wisata Korea Selatan yang menarik dikunjungi saat musim salju adalah Taman Nasional Bukhansan. Kawasan ini memiliki Gunung Bukhansan setinggi 835,6 mdpl yang menjadi lokasi favorit untuk mendaki gunung di musim salju. Wisatawan berkesempatan menikmati momen matahari terbit yang spektakuler atau mengunjungi desa-desa tradisional Korea Selatan ketika berada di Taman Nasional Bukhansan.
  13. Gwangjang Market: jika dilihat sekilas, Gwangjang Market terlihat seperti pasar tradisional biasa. Namun, sebenarnya Gwangjang Market merupakan pasar permanen pertama di Korea Selatan yang beroperasi selama 7 hari penuh dalam seminggu. Para wisatawan gemar mengunjungi tempat wisata di Korea Selatan ini untuk menikmati aneka sajian kuliner khas yang lezat dan menggugah selera.

Ketahui Panduan saat Wisata ke Korea Selatan

Rencana liburan ke negeri ginseng bisa direalisasikan dengan lancar jika sudah memahami beberapa panduan wisata ke Korea Selatan berikut ini:

  • Cari tahu syarat perjalanan terbaru: hal pertama yang patut diketahui ketika hendak berlibur ke Korea Selatan adalah syarat perjalanan baru.  Jangan lupa bahwa liburan ke Korea Selatan membutuhkan visa, kecuali wilayah Pulau Jeju. Taati mekanisme pengajuan visa supaya risiko penolakan berkurang drastis. Di samping itu, Korea Selatan sempat menerapkan syarat wajib vaksin booster bagi wisatawan asing yang ingin masuk ke negaranya pasca pandemi.
  • Bawalah pakaian dan aksesori sesuai musim: pergi liburan ke negara empat musim seperti Korea Selatan memang membuat Anda harus ekstra cermat menyiapkan pakaian. Pastikan kalau pakaian yang Anda bawa bisa memberikan kenyamanan maksimal selama beraktivitas. Contohnya, membawa pakaian tipis saat liburan musim panas atau mantel dan pakaian tebal lainnya ketika liburan musim dingin.
  • Kenali waktu terbaik untuk liburan: meskipun Anda bebas menentukan waktu liburan, musim gugur di Korea Selatan adalah momen terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Kunjungan wisatawan pada musim tersebut relatif lebih sepi sehingga harga tiket pesawat dan penginapan jadi lebih terjangkau. Cuaca di musim gugur tidak sedingin musim salju dan Anda bisa menyaksikan keindahan daun-daun yang berguguran selama berada di Korea Selatan.
  • Pelajari moda transportasi umum: Anda bisa mengandalkan moda transportasi umum ketika melakukan wisata Korea Selatan. Kereta cepat dan bus adalah transportasi andalan yang jangkauannya luas dan biayanya lebih murah dibandingkan naik taksi. Jadi, Anda hanya perlu lebih teliti mempelajari rute tujuan untuk mengurangi risiko tersesat selama berlibur. Belilah kartu T-Money di bandara, swalayan, atau stasiun kereta karena uang elektronik tersebut berfungsi sebagai alat pembayaran moda transportasi umum Korea Selatan.
  • Siapkan akses internet berkecepatan tinggi: hal esensial lainnya yang tak boleh luput dari perhatian jika ingin berlibur ke negeri ginseng adalah akses internet berkecepatan tinggi. Sarana tersebut bukan hanya memperlancar komunikasi, tetapi juga mendukung beragam aktivitas lainnya seperti menggunakan aplikasi penerjemah bahasa, mencari rute jalan, dan melakukan pembayaran. Alangkah lebih baik jika Anda membeli kartu SIM lokal atau membawa travel wifi dari tempat asal supaya tidak kesulitan mengakses internet.

Kalau Anda sudah melakukan persiapan bujet dan waktu yang matang untuk liburan ke Korea Selatan, maka jangan ragu merealisasikannya dalam waktu dekat. Salah satu alokasi bujet liburan yang tak boleh terabaikan adalah biaya asuransi perjalanan. Kepemilikan asuransi perjalanan sangat krusial untuk memastikan liburan Anda berlangsung aman dan nyaman sesuai harapan.

Kini, Anda tak perlu bingung memilih asuransi terbaik karena Anda bisa mempercayakan proteksi liburan secara menyeluruh pada Asuransi Perjalanan Garda Trip. Ada berbagai risiko yang mendapatkan manfaat perlindungan dari asuransi Astra ini, antara lain pembatalan dan perubahan perjalanan, biaya medis dan biaya terkait medis, kecelakaan diri, jaminan bagasi dan barang pribadi, serta gangguan kelancaran perjalanan lainnya.

Pastikan bahwa Asuransi Perjalanan Garda Trip selalu menyertai Anda dalam menempuh berbagai perjalanan domestik dan internasional, termasuk momen liburan seru ke negara impian.